Rabu, 01 Januari 2020

Air Terjun Pelaruga

Alam selalu menawarkan kesejukan alami yang mampu merelaksasi keletihan tubuh dari rutinitas sehari-hari. Pelaruga adalah salah satu tempat pilihan saya untuk memanjakan mata, tubuh dan pikiran. Pelaruga terletak di Sumatera Utara, tepatnya di Desa Galuh Kecamatan Sungai Bingai, Langkat. Objek wisata ini dinamakan Pelaruga karena objek wisata Desa Rumah Galuh ini dijaga dan dilestarikan oleh salah satu komunitas pemandu alam yang bernama pelaruga (Pemandu Alam Rumah Galuh). Kalau nama aslinya adalah air terjun teroh-teroh yang dalam bahasa Batak berarti "bawah-bawah". Dinamakan teroh-teroh, karena air pada wisata alam ini berasa dari mata air yang sangat jernih dan bersih.
Di Pelaruga, terdapat satu tempat pemandian alam yang sangat sejuk. Airnya yang berwarna kebiru-biruan dan juga jernih sangat memanjakan mata. Pemandian alam ini dinamakan kolam abadi. Untuk menuju kolam abadi, saya bersama teman-teman harus menempuh jalan sekitar 1 km. Tentunya kita tidak akan dibiarkan menempuh jalan sendiri tanpa pemandu. Ketika sampai di Pelaruga, kami ditemui ranger yang siap memandu perjalanan menuju kolam abadi. Biasanya, satu ranger mengawasi sepuluh orang pengunjung. Sebelum memulai perjalanan, kami di beri perlengkapan sebelum mandi. Setiap pendatang diwajibkan mengenakan baju pelampung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hanyut oleh arus yang deras di tempat pemandian itu.
Tidak jauh dari teroh-teroh, sebenarnya juga terdapat sebuah ait terjun yang dinamakan air terjun tongkat. Dinamakan air terjun tongkat, karena di air terjun tersebut terdapat kayu tongkat yang melintang dari bagian tebing kebagian bawah air. Kayu inilah yang menjadi ciri khas air terjun tongkat. Sebelum menuju kolam abadi, kami berhenti lebih dahulu di air terjun tongkat.
Bagi yang menyukai tantangan, perjalanan menuju kolam abadi tentu akan terasa menyenangkan. Kami melalui jalan yang cukup melelahkan dan menguras energi. Karena harus melewati hutan dan menanjaki jalan yang berbatu. Saya tertarik mengunjungi tempat wisata alam pelaruga ini selain karena pemadian kolam abadinya yang sejuk, juga perjalanannya yang menantang. Saya bersama teman-teman tidak merasa khawatir meski perjalanan ini harus menaiki bukit dan menuruni bukit, karena sudah ada ranger yang memang sudah paham akan tempat wisata pelaruga itu. 
Pelaruga patut dimasukan kedalam daftar petualangan alam teman-teman, nih. Saran saya jika ingin mengunjungi pelaruga, jangan lupa membawa bekal yang cukup, ya. Selain itu, datang di pagi hari, karena udaranya akan terasa sangat segar.
untuk lokasi kalian bisa langsung cek di link google maps di bawah ini:


Universitas Medan Area Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi Prodi Agribisnis Fakultas Teknik Prodi Elektro Prodi Mesin Prodi Arsitektur Prodi Informatika Prodi Sipil Prodi Industri Fakultas Psikologi Fakultas Isipol Prodi Pemerintahan Prodi Administrasi Publik Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Hukum Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Prodi Manajemen Prodi Magister Psikologi Prodi Magister Hukum Prodi Magister Administrasi Publik Prodi Magister Agribisnis Prodi Doktor Ilmu Pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar